Home » Profil » Pelayanan Publik

Pelayanan Publik

Standar Pelayanan Publik Kurikulum

Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum
  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Kurikulum SMK Negeri 1 Malang Tahun 2012
  5. Surat Perintah melaksanakan Tugas No. 800/4447.8/35.73.307/2012 sebagai Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Malang

 

2.

Persyaratan Pelayanan
  1. Surat Keputusan Kepala SMK N 1 Malang mengenai struktur organisasi sekolah dan personalia serta pembagian tugas mengajar
-        Terdapat personalia Struktur organisasi sekolah SMK Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2012/2013 untuk membantu kelancaran proses Kegiatan Belajar Mengajar-        Mengangkat/menugaskan dan memberi wewenang  guru sesuai dengan bidang kompetensi  untuk melaksanakan tugas masing-masing sesuai bidangnya
  1. Administrasi Kegiatan Belajar Mengajar
Menyusun format perangkat mengajar, jadual pelajaran, dan rekap jadual mengajar
  1. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
-        Mengisi daftar hadir guru dan siswa-        Membuat Jurnal Kegiatan Belajar Mengajar
  1. Pelaksanaan evaluasi kegiatan belajar dan mengajar

 

-        Soal evaluasi-        Hasil evaluasi

3.

Sistem, Mekanisme, dan prosedur -          Menyusun Administrasi Pembelajaran-          Melakukan kegiatan pembelajaran-          Melakukan Evaluasi

4.

Jangka waktu penyelesaian -          1 Tahun (2 semester @6 Bulan)

5.

Biaya/tarif -          Biaya Operasional sekolah untuk pelaksanaan KBM

6.

Produk Pelayanan -          Terselenggaranya KBM sesuai kaidah PAIKEM.

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas -          Ruang Kelas/ Ruang Laboratorium-          LCD-          Laptop

8.

Kompetensi pelaksana -          Kompetensi yang sesuai dengan materi pelajaran.

9.

Pengawasan internal -          Kepala Sekolah-          Wakil Manajemen Mutu-          Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum-          Ketua Kompetensi Keahlian 

-          Koordianator Mata Pelajaran

 

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan -          Pelayanan Pengaduan melalui lembar pengaduan yang ditangani oleh Bidang HUMAS untuk dikoordinasikan dengan Kepala Sekolah.

11.

Jumlah pelaksana -          123 Orang

12.

Jaminan Layanan -          Siswa memperoleh kompetensi sesuai dengan kompetensi keahlian.

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan -          Fasilitas yang digunakan pada ruang kelas atau laboratorium menggunakan standar SNI  dan ramah lingkungan.

14

Evaluasi kinerja Evaluasi Kinerja dilaksanakan melalui:-          Laporan Kinerja Guru-          Supervisi Kelas oleh Kepala Sekolah-          Penilaian DP3 

 

Pelaksanaan Evaluasi Belajar (Semester dan Ujian Akhir) 

NO KOMPONEN

URAIAN

1 Dasar Hukum
  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 20013 tentang Sistem Pendidikan Naasional
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 3 tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madaeasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional
  6. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0020/P/BSNP/I/2013 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK,Pendidikan Kesetaraan Program Paket A,B,C, Kejuruan  tahun pelajaran 2012/2013
  7. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0019/P/BSNP/XI/2012 tentang kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah tahun pelajaran 2012/2013
  8. Pedoman penyelenggaraan Ujian Nasional Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2012/2013 Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jendral Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Pedoman Teknis Ujian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Jawa Timur Tahun 2012/2013
  10. Panduan Ujian Sekolah, Uji Kompetensi Keahlian dan Ujian Nasional SMK Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2012/2013 Agenda program kegiatan belajar mengajar SMK Negeri 1  Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
  11. Surat Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Malang tentang penyelenggaraan ulangan umum tingkat X, XI, dan XII
2 Persyaratan Pelayanan
  1. Surat Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Malang

 

-          Struktur organisasi dan personalia penyelenggara ujian sekolah, uji kompetensi keahlian dan ujian nasional SMK Negeri 1 malang-          Struktur organisasi dan personalia penyelenggara ulangan semester SMK Negeri 1 Malang 

 

  1. Persiapan administrasi ujian
-          Jadual pelaksanaan ujian-          Daftar pembagian nomor peserta dan ruang ujian 

-          Daftar penguji  dan pengawas ujian

-          Daftar penyusun naskah dan penelaah ujian sekolah

-          Kartu Peserta Ujian

 

  1. Penyediaan naskah
-           Penyusunan naskah ujian-           Pengumpulan naskah 

-           Penelaahan Soal Ujian

-           Penggandaan naskah

 

  1. Pelaksanaan ujian
-        Ulangan Semester dilaksanakan setiap akhir semester.-        Ujian Akhir dilaksanakan pada akhir masa pendidikan. 

 

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur -        Penyiapan Perlengkapan Administrasi Ujian.-        Penyiapan Sarana Prasarana Pendukung Ujian. 

-        Pelaksanaan ujian.

-        Koreksi hasil ujian.

4.

Jangka waktu penyelesaian -        Ulangan semester dilaksanakan selama 6 hari.-        Ujian Sekolah dilaksanakan selama 5 hari 

-        Ujian Nasional dilaksanakan selama 4 hari

 

5.

Biaya/tarif -        Biaya Operasional sekolah untuk pelaksanaan ujian.

6.

Produk Pelayanan -        Siswa memperoleh hasil ujian dengan nilai minimal 75 untuk kelompok adaptif dan normatif dan nilai minimal 80 untuk kelompok produktif.

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas -        Ruang ujian-        LCD dan laptop (pelaksanaan ulangan semester) 

-        Lembar Jawaban Komputer

-        Scanner

8.

Kompetensi pelaksana -        Penguji memiliki kualifikasi sesuai dengan kompetensi yang diujikan-        Pengawas ujian adalah guru yang mempunyai kemampuan sebagai pengawas ujian

9.

Pengawasan internal -        Pengawasan dilakukan oleh Kepala Sekolah dan panitia ujian

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan -        Pengaduan dilaksanakan melalui kotak saran yang disediakan oleh Humas

11.

Jumlah pelaksana -        Dilaksanakan oleh 123 orang guru

12.

Jaminan Layanan -        Menjaga situasi ujian agar pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan tenang, tertib, lancar, dan aman.

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan -        Perlengkapan sekolah diatur dengan rapi di dalam kelas bagian depan, sehingga keamanan dan konsentrasi siswa terjaga-        Situasi ujian terjamin ketenangannya karena lokasi sekolah jauh dari keramaian kota 

 

14

Evaluasi kinerja -        Evaluasi pelaksanaan ujian dilaksanakan sebagi umpan balik kegiatan yang sudah terlaksana dan digunakan sabagai bahan masukan untuk kegiatan berikutnya

Bimbingan Belajar Persiapan Ujian Nasional

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum
  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 3 tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madaeasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional
  3. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0020/P/BSNP/I/2013 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK,Pendidikan Kesetaraan Program Paket A,B,C, Kejuruan  tahun pelajaran 2012/2013
  4. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0019/P/BSNP/XI/2012 tentang kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah tahun pelajaran 2012/2013
  5. Pedoman penyelenggaraan Ujian Nasional Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2012/2013 Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jendral Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Juklak kegiatan Belajar Mengajar Dinas Pendidikan Kota Malang Tahun 2012/2013
  7. Agenda program kegiatan belajar mengajar SMK Negeri 1  Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

 

2 Persyaratan Pelayanan
  1. Surat Keputusan Kepala SMK Negeri 1 Malang
-          Struktur organisasi dan personalia penyelenggaraan bimbingan belajar dan try out Ujian Nasional-          Daftar penyusun materi bimbingan belajar dan naskah soal try out.
  1. Persiapan administrasi
-        Jadwal bimbingan belajar-        Jadwal try out ujian nasional 

-        Daftar pengawas try out ujian nasional

-        Daftar hadir siswa dan pengajar bimbingan belajar

-        Daftar hadir siswa dan pengawas try out ujian nasional

-        Berita acara pelaksanaan try out ujian nasional

 

  1. Penyediaan naskah
-         Penyusunan materi bimbingan belajar-         Penyusunan dan penggandaan naskah soal try out. 

 

  1. Pelaksanaan bimbingan belajar
-        Bimbingan belajar dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar pada siang hari sesuai dengan jadwal.
  1. Pelaksanaan try out
Try out dilaksanakan sebanyak:-        3 kali untuk try out bersama SMK se-kota Malang 

-        4 kali untuk try out untuk try out sekolah

-        Setiap pagi hari (selama 20 menit) sebelum KBM jam pertama dimulai.

3.

Sistem, Mekanisme, dan prosedur -          Koordinasi persiapan bimbingan belajar bersama guru mata pelajaran-          Persiapan administrasi bimbingan belajar dan try out 

-          Pelaksanaan bimbingan belajar

-          Pelaksanaan try out

-          Koreksi hasil try out

-          Klasifikasi peserta bimbingan belajar berdasarkan hasil try out

 

4.

Jangka waktu penyelesaian -          Bimbingan belajar dilaksanakan selama 4 bulan (mulai bulan Januari sampai dengan bulan April)-          Pembiasaan penyelesaian soal ujian nasional selama 20 menit dilaksanakan 6 bulan (mulai bulan Nopember sampai dengan bulan April) 

-          Try out ujian nasional dilaksanakan selama 4 hari dengan durasi 120 menit untuk setiap mata pelajaran.

 

5.

Biaya/tarif -          Bantuan Opersaional Penyelenggaraan Try Out-          Dana dari Komite sekolah 

 

6.

Produk Pelayanan -          Siswa mendapatkan nilai akhir ujian nasional di atas 4,0 dengan rata-rata di atas 5,5

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas -          Ruang belajar-          Materi bimbingan belajar 

-          Soal try out

-          LCD dan laptop

-          Lembar Jawaban Komputer

-          Scanner

 

8.

Kompetensi pelaksana -        Pengajar bimbingan belajar memiliki kualifikasi sesuai dengan kompetensi yang sesuai.-        Pengawas try out adalah guru yang mempunyai kemampuan sebagai pengawas try out 

 

9.

Pengawasan internal -        Pengawasan internal dilaksanakan oleh Waka. Kurikulum dan Kepala Sekolah

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan -        Pengaduan dilaksanakan melalui kotak saran yang disediakan oleh Humas

11.

Jumlah pelaksana -        Bimbingan belajar dilaksanakan oleh 22 orang guru pengajar materi UNAS.-        Try out dilaksanakan oleh 36 orang pengawas untuk setiap hari (selama 4 hari) 

 

12.

Jaminan Layanan -        Pengajar bimbingan belajar selalu datang tepat waktu sesuai dengan jadwal dan siswa selalu mendapatkan tambahan materi yang berkaitan dengan kisi-kisi Ujian Nasional-        Try out dapat berjalan dengan tenang, tertib, lancar, dan nyaman. 

 

 

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan -        Administrasi bimbingan belajar dan try out tersedia secara lengkap.-        Tersedia ruangan yang cukup untuk pelaksanaan bimbingan belajar dan try out . 

-        Kondisi bimbingan belajar dan try out terjamin ketenangannya karena lokasi sekolah jauh dari keramaian kota.

 

14

Evaluasi kinerja -        Evaluasi pelaksanaan bimbingan belajar dan try out dilaksanakan sebagai umpan balik kegiatan yang sudah terlaksana dan digunakan sabagai bahan masukan untuk kegiatan berikutnya

Standar Pelayanan Publik Sarana dan Prasarana

Pengelolaan  Sarana dan Prasarana

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum 1.Permenpan No. 24 Tahun 2007 tentangstandarsaranadanprasaranauntukSekolahDasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), SekolahMenengahPertama/Madrasah TsanawiyahdanSekolahMenengahAtas/Madrasah Aliyah.2.  Permenpan No.13 Tahun 2009  tentang pedoman peningkatan kualitas pelayanan publik dengan partisipasi masyarakat 

3.  Permenpan No.36 Tahun 2012  tentang petunjuk teknis penyusunan, penetapan dan penerapan standar pelayanan

2.

Persyaratan Pelayanan
-        Terdapat personalia Struktur organisasi sekolah SMK Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2012/2013 untuk membantu dalam mengelola sarana  maupun prasarana di lingkungan sekolah yang tertuang dalam bentuk Surat Keputusan Kepala SMK N 1 Malang mengenai struktur organisasi sekolah dan personalia.-        Mengangkat/menugaskan dan memberi wewenang  kepada personil yang telah di tunjuk melalui surat keputusan 

-        Tenaga personalia yang dimaksud di antaranya mencakup teknisi yang kompeten secara teknis misalnya ahli komputer, instalator listrik dan bangunan.

 

4.

Jangka waktu penyelesaian -          Secara administratif tertuang dalam  sudah tertuang dalam Standar Operasional Prosedur-          Secara teknis sangat tergantung pada permasalahan yang ada terkait dengan sarana dan prasaran 

 

5.

Biaya/tarif -          Biaya Operasional sekolah untuk pelaksanaan KBM

6.

Produk Pelayanan -          Terselenggaranya proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan lancar.-          Terwujudnya proses administrasi di lingkungan SMKN 1 Malangdengan lancar. 

-          Terpeliharanya sarana pendukung pendidikan, misalnya mushola, area parkir, toiletdan lain-lain.

 

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas -          Komputer-          Printer 

-          Ruang untuk personalia sarana dan prasarana

-          Gudang

 

8.

Kompetensi pelaksana -          Untuk tenaga administrasi non guru berpendidikan setingkat SLTA-          Untuk tenaga teknis harus sudah berpengalaman pada bidangnya atau berpendidikan setingkat diploma. 

 

-

9.

Pengawasan internal -          Kepala Sekolah-          Wakil Kepala Sekolah bidang sarana dan prasarana 

 

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan -          Pengaduandari unit unitkerja di lingkungan SMKN 1 dilakukanmelaluibidangsaranadanprasarana-          Pengaduan daripihakeksternaldilakukanmelalui Bidang HUMAS untuk dikoordinasikan dengan bidangsaranaprasaranadanKepala Sekolah. 

 

11.

Jumlah pelaksana -          5  Orang

12.

Jaminan Layanan -          Selalutersedianyasaranadanprasarana yang siappakai-          Memenuhikebutuhan/permintaan unit-unit kerjasesuaistandarwaktudalamStandarOperasionalProsedur 

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan -          Fasilitas yang digunakan pada setiapruangkelasmaupunsaranalainnyaselaludalamkeadaanbaikdanmemenuhistandarkeselamatan yang memadai.

14

Evaluasi kinerja Evaluasi Kinerja dilaksanakan melalui:-          Laporan kinerjadariteknisi 

-          Tingatkeluhandari unit-unit kerjakepadabagiansaranaprasaranadanpihakeksternal yang dilakukanmelaluibagianhumas

 

 

Standar Pelayanan Publik Hubungan Masyarakat (HUMAS)

Pelayanan Prakerin

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum
  1. Petunjuk teknis pelaksanaan Prakerin
  2. Kalender Pendidikn di SMKN 1, TP 2012/2013
  3. Program Kerja Prakerin

2

Persyaratan Pelayanan
  1. Kelas XI
  2. Mengikuti pembekalan
  3. Melaksanakan tata tertib di tempat Prakerin
  4. Mengindahkan rambu – rambu K3LH
  5. Mencatat dan melaporkan ke dalam buku jurnal
  6. Harus mendapatkan nilai KKM 80

3

Sistem mekanisme dan Prosedur  - Mengisi formulir dan menyerahkan ke Pokja Prakerin 

-  Mengikuti pembekalan

-  Melaksanakan Prakerin

4

Jangka Waktu Penyelesaian -   Persiapan Prakerin:1 minggu 

-   Pembekalan: 1 minggu

-   Pelaksanaan: 6 bulan

5

Biaya/Tarif Bebas ( Include di SPP )

6

Produk Pelayan -   Pembekalan Prakerin 

-   Mengantar Prakerin

-   Memonitor Prakerin

-   Menjemput Prakerin

7

Sarana, Prasarana dan Fasilitas Komputer, Printer, ATK, Tilpon/Fax, Tempat arsip, Aula, Jurnal

8

Kompetensi Pelaksana -   Sarjana / D3 

-   Memp. Kompetensi keahlian

9

Pengawasan Internal -   Kepala sekolah 

-   Pokja Prakerin

-   Guru

10

Penanganan Pengaduan Pengaduan PRAKERIN bisa secara langsung dan tidak langsung

11

Jumlah Pelaksana -   Penanggung jawab (1) 

-   Ketua (1)

-   Sekertaris (1)

-   Anggota (9)

-   Pembimbing (123)

12

Jaminan Pelayan Memperoleh materi sesuai keahliannya

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan Keamanan dan keselamatan siswa pada waktu prakerin terjamin

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana Hasil kegiatan prakerin siswa dievaluasi oleh Kepala sekolah

 Penanganan  Pengaduan  Pelanggan

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum
  1. Permenpan No.13 Tahun 2009 tentang pedoman peningkatan kualitas pelayanan publik dengan partisipasi masyarakat.
  2. Permenpan No.35 Tahun 2012 tentang pedoman penyusunan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan.

2

Persyaratan Pelayanan -    Menyampaikan pengaduan melalui sarana yang di sediakan dengan mencantumkan identitas yang jelas dan menggunakan bahasa yang santun.

3

Sistem, Mekanisme dan Prosedur
  1. Pengadu menyampaikan pengaduan melalui :

-          Telephone

-          Surat

-          Website

  1. Pengaduan diproses untuk mendapat penyelesaian
  2. Hasil penyelesaian di sampaikan kepada pengadu

4

Jangka Waktu Penyelesaian  1 hari ( tergantung kasusnya )

5

Biaya/tarif -

6

Produk Layanan Tanggapan atas pengaduan atau keluhan

7

Saran, Prasarana dan Fasilitas -    Website 

-    Kotak

-    Ruang pengaduan

8

Kompetensi Pelaksana 13 orang tamatan S1

9

Pengawasan Internal Kepala sekolah

10

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan Ditangani langsung oleh Kepsek

11

Jumlah Pelaksana 3 orang

12

Jaminan Pelayanan Melayani pelanggan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan terjaga kerahasiaannya

13

Jaminan Keamanan dan keselamatan Pelayanan Menjamin kerahasiaan dari pelanggan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana Presentase pengaduan diterima yang ditindak lanjuti.

Penelusuran Tamatan

No

KOMPONEN

URAIAN

1

 

 

 

Dasar Hukum

  1. Undang – undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Surat Keputusan Melaksanakan Tugas sebagai Guru Bimbingan dan Konseling SMK Negeri 1 Malang
 

2

 

Persyaratan Pelayanan

 

  1. Kelas XII dan dinyatakan LULUS
  2. Mengisi formulir penelusuran kelulusan
  3. Melaporkan dan menyerahkan blanko

3

 

Sistem, Makanisme, dan Prosedur

 

  1. Membuat Instrumen Penelusuran
  2. Membuat Grup BKK di Facebook
  3. Menyebarkan Angket
  4. Menginventarisir Data Masuk
  5. Membuat Laporan

4

Jangka Waktu Penyelesaian Kurang lebih 6 bulan setelah pelaksanaan Pelepasan Siswa Kelas XII

5

Biaya / Tarif Per Siswa ± Rp. 1.000,-

6

Produk Layanan Penelusuran tamatan diketahui hingga 60 % , diantaranya terdiri dari siswa yang bekerja maupun yang melanjutkan Perguruan Tinggi

7

Sarana, Prasarana dan Fasilitas Ruang BK, ATK, Alat Komunikasi (HP, Telepon, Internet, Facebook, dll )

8

Kompetensi Pelaksana 7 orang konselor

9

Pengawasan Internal Pengawasan oleh Koordinator BK

10

Penanganan pengaduan,. Saran dan masukan  

Melalui kotak saran yang disediakan dan ditanggapi segera

11

Jumlah Pelaksana 7 orang konselor

12

Jaminan Layanan Sesuai Kode Etik Bimbingan dan Konseling

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan Dalam melaksanakan tugas Bimbingan dan Konseling, Konselor berpegang teguh pada Kode Etik Bimbingan dan Konseling

14

Evaluasi kinerja pelaksana Data yang masuk segera di inventarisir agar tidak tercecer

 

Standar Pelayanan Publik Tata Usaha

Penerimaan Peserta Didik Baru

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Fc. SKHU, Fc. Raport , Pas Foto

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas melaksanakan tes khusus dan cek foto kepada siswa pendaftar
  2. Petugas memberikan hasil tes khusus kepada pendaftar
  3. Siswa melakukan pendaftaran
  4. Siswa menerima blanko isian
  5. Siswa membawa kelengkapan ke bagian pendaftaran online
  6. Siswa menerima tanda bukti pendaftaran

4

Jangka waktu penyelesaian 1 hari

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Surat Keputusan

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja pendaftaran 

-        Blanko isian

-        Buku pendaftaran

-        Pulpen

-        Komputer

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tes khusus 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

-        Mempunyai ketrampilan mengoperasikan komputer

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal dan apabila ada ketidak puasan dari pelanggan dirahkan ke bagian Pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        11 orang panitia untuk tes khusus 

-        53  orang panitia PPDB

12

Jaminan pelayanan -        Memenuhi syarat, bisa mendaftar mengikuti online

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Apabila sudah memenuhi syarat untuk pendaftaran maka sudah bisa mengikuti PSB online

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Legalisir Ijazah / Raport

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Fc.SKHU / Ijazah / Raport  dan SKHU / Ijazah / Raport asli

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima fc SKHU / Ijazah / Raport
  2. Petugas meneliti keaslian dari fc. SKHU / Ijazah / Raport
  3. Petugas menyetempel fc. SKHU/Ijazah/Raport untuk ditandatangani Kepala Sekolah
  4. Pelanggan menerima berkas yang sudah di tanda tangani / legalisir Kepala Sekolah

4

Jangka waktu penyelesaian 10 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Fc . SKHU / Ijazah / Raport Yang sudah dilegalisir Kepala Sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Apabila sudah memenuhi syarat dan sesuai dengan ijasah/Raport/ SKHU yang asli maka berkas sudah bias di tandsatangani KS

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Keringanan Biaya Pendidikan

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW

Fc. KTP, Fc. KK, KTM

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas meneliti berkas dan mengadakan wawancara dengan orangtua
  3. Petugas memberikan hasil wawancara & berkas kepada Kepala Sekolah
  4. Kepala Sekolah memberikan persetujuan keringanan

4

Jangka waktu penyelesaian 1 hari

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah dan komite

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Apabila sudah memenuhi persyaratan maka pelanggan memperoleh keringan biaya pendidikan

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Kenaikan Pangkat

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Berkas penilaian dari kepala sekolah 

Fc. SK PAK terakhir

Fc. SK terakhir

Fc. Sertifikat selama masa penilaian

Fc. Ijazah terakhir

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas meneliti kelengkapan berkas dan menyetempel untuk ditanda tangani kepala sekolah
  3. Berkas sudah ditanda tangani Kepala Sekolah
  4. Berkas dikirim ke Dinas Pendidikan

4

Jangka waktu penyelesaian 15 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Berkas lengkap dikirim ke Dinas Pendidikan untuk mendapatkan surat pengantar ke BKD Pemkot Malang

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Pensiun

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Berkas penilaian dari kepala sekolah 

Fc. SK Pertama ( Capeg )

Fc. SK pangkat terakhir

Fc. SK Berkala terakhir

Fc. Karpeg

DP 3 ( 2 tahun terakhir )

Fc. Surat nikah dilegalisir ( KUA asal )

Fc. Kartu Keluarga dilegalisir

Surat keterangan tidak pernah dihukum disiplin tingkat sedang/berat

Daftar riwayat pekerjaan

Daftar penerima calon pensiun ( DPCP )

Pas foto 4×6 ( 6 lembar )

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas menyetempel berkas untuk dilegalisir Kepala sekolah
  3. Petugas mengirim berkas ke Dinas Pendidikan untuk di ajukan ke BKD Pemkot Malang

4

Jangka waktu penyelesaian 15 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Berkas yang sudah lengkap dari Dinas Pendidikan dikirim ke BKD Pemkot Malang untuk diproses penerbitan SK Pensiun

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Mutasi Guru / Pegawai

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Surat permohonan mutasi / sura usulan dari Kepala Sekolaht 

Fc. SK PAK terakhir

Fc. SK terakhir

DP 3

Surat kesediaan menerima

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas mengajukan kepada kepala sekolah untuk ditanda tangani
  3. Berkas lengkap dikirim ke Dinas Pendidikan

4

Jangka waktu penyelesaian 15 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda surat keluar

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Penerbitan SK dari Dinas Pendidikan

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Pengganti Ijazah hilang / rusak

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat keterangan ijazah rusak dari Kepala Sekolah

Surat keterangan hilang dari Polisi

Fotocopy buku induk

Fotocopy raport

Pas foto

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas meneliti ijazah yang rusak
  3. Petugas meneliti berkas pengajuan ijjazah yang hilang
  4. Petugas menyetempel berkas dan minta tanda tangan kepada Kepala Sekolah
  5. Petugas memberikan berkas yang sudah ditanda tangani kepala sekolah kepada pemohon untuk dibawa ke Dinas Pendidikan

4

Jangka waktu penyelesaian 15 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda surat keluar

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Surat keterangan yang telah ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Mutasi Siswa Masuk & Keluar

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat Keterangan kesediaan menerima dari sekolah yang dituju

Fc. Raport

Pas Foto

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas membuatkan surat keterangan mutasi untuk ditanda tangani oleh kepala sekolah
  3. Pemohon menerima berkas dan surat keterangan untuk dibawa ke Dinas Pendidikan setempat dan Sekolah tujuan

4

Jangka waktu penyelesaian 15 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda surat keluar

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Surat keterangan yang telah ditanda tangani Kepala Dinas Pendidikan untuk pemohon

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Pengajuan Observasi / ijin penelitian

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum SK Kepala Sekolah

2

Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat ijin Penelian/observasi dari instansi terkait

Rekomendasi dari Dinas Pendidikan

3

Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima surat pengajuan dari pemohon dan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan
  2. Kepala Sekolah memberikan ijin penelitian / observasi
  3. Pemohon melaksanakan penelitian / observasi di sekolah selama waktu yang telah ditentukan
  4. Petugas membuat surat keterangan bahwa pemohon telah melakukan penelitian / observasi disekolah

4

Jangka waktu penyelesaian 15 menit

5

Biaya / tarif -

6

Produk pelayanan Surat keterangan yang telah disetujui Kepala Sekolah

7

Sarana, prasarana & fasilitas -        Meja 

-        Buku Agenda surat keluar

-        Stempel

-        Pulpen

8

Kompetensi Pelaksana -        Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

-        Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9

Pengawasan internal Kepala Tata Usaha

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan

11

Jumlah pelaksana -        1 orang

12

Jaminan pelayanan 1 hari tuntas

13

Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Surat keterangan yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah untuk kepentingan pemohon didalam  instansi terkait

14

Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

Standar Pelayanan Publik Laboraturium

Penggunaan  Ruang  Laboraturium

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum
  1. Permenpan No.13 Tahun 2009 tentang pedoman peningkatan kualitas pelayanan publik dengan partisipasi masyarakat.
  2. Permenpan No.35 Tahun 2012 tentang pedoman penyusunan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan.

2

Persyaratan pelayanan:
  1. Self service
Peralatan praktek tersedia di ruang Lab.Pengguna mengambil sesuai kebutuhan dan jadwal penggunaan ruangLab.
  1. by order
Penggunaan ruang lab. Disesuaikan dengan jadwal penggunaan yang telah disusun sesuai permintaan.

3

Sistem, mekanisme dan prosedur
  1. Self service
-   Mengisi buku penggunaan ruang

-   Mengambil alat praktek sesuai kebutuhan

-   mengisi kartu peminjaman menggunakan ruang sesuai tata tertib mengembalikan alat praktek

  1. by order
-   Permintaan ruang lab.diluar jadwal ,mengajukan permohonan kepada koordinator lab.

-   Dibuat jadwal sesuai dengan permintaan.

4

Jangka waktu penyelesaian 120 menit

5

Biaya/tarif   Tidak ada biaya

6

Produk layanan a.Jadwal penggunaan ruang

b.Penggunaan ruang

7

Sarana, prasarana dan/ atau fasilitas Ruang Lab, peralatan dan perlengkapan

No

KOMPONEN

URAIAN

8

Kompetensi pelaksana  1 orang tamatan S1

9

Pengawasan internal Pengawasan oleh Ketua Kompetensi Keahlian

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan Melalui kotak saran yang disediakan dan ditanggapi segera

11

Jumlah pelaksana 1 orang

12

Jaminan pelayanan Menjaga kebersihan , kerapian, kesesuaian jadwal ruang.

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan Koordinator bertanggungjawab terhadap kesalahan dari pihak koordinator Lab, kesalahan pengguna bukan menjadi tanggungjawab koordinator lab.

14

Evaluasi kinerja pelaksana Evaluasi terhadap pelayanan dievaluasi setiap semester sekali,

 

 
 

1 Comment

  1. Anonymous says:

    baga

 
 

Leave a Comment